just picture

just picture

Minggu, 24 Oktober 2010

Kepemimpinan

Sifat kepemimpinan sangat diperlukan untuk mempimpin suatu perusahaan, organisasi, bahkan Negara. Dalam suatu Negara, kemakmuran dan kesejahteraan rakyatnya dapat dilihat dari sifat Presidennya, yang tidak lain adalah pemimpin Negara mereka. Apakah presiden mereka memiliki sifat arif, bijaksana, adil, tegas, dan lain-lain.


Begitu juga dalam suatu perusahaan, perusahaan tersebut dapat maju dengan pesat jika mempunyai pemimpin yang unggul, unggul dalam berpikir dan bertindak. Tapi kemajuan suatu perusahaan, dan organisasi juga tidak luput dari kerja sama anak buah mereka. Begitu juga dalam suatu Negara, suatu Negara yang maju tidak luput dari kerja sama rakyatnya.


Keith Davis membagi empat ciri utama kesuksesan seorang pemimpin :

A. Kecerdasan

B. Kedewasaan social dan hubungan social luas

C. Motivasi diri dan dorongan berprestasi

D. Sikap-sikap hubungan manusiawi


Pemimpin yang unggul adalah dambaan setiap orang. Rakyat pasti ingin memiliki Presiden yang unggul, dan para karyawan pasti ingin memiliki pimpinan yang unggul dan juga mengerti keinginan karyawannya.


Setiap orang juga berpotensi untuk menjadi pemimpin yang unggul, maka dari itu pendidikan kepemimpinan sejak dini itu sangat penting. Dalam pendidikan kepemimpinan diajarkan dan dilatih untuk menjadi pemimpin yang baik di kemudian hari. Biasakan juga sejak kecil diajarkan untuk bertingkah laku baik, arif, adil, dan tegas, agar terbiasa hingga dewasa.


Empat tipe gaya perilaku pemimpin menurut teori Path-Goal :

A) Kepemimpinan Direktif

B) Kepemimpinan Suportif

C) Kepemimpinan Partisipatif

D) Kepemimpinan Orenteasi prestasi


Sifat pemimpin yang tegas bukan berarti dia dapat semena-mena terhadap bawahannya, tegas dalam arti tepat dalam mengambil keputusan dan tindakan. Pemimpin juga harus bisa mengerti kemauan bawahannya dan dapat membimbing bawahannya. Pemimpin yang bertindak dengan semaunya sendiri atau semena-mena akan dibenci oleh bawahannya, dan komunikasi pun cenderung tidak lancar. Akibatnya kemajuan suatu perusahaan, organisasi, bahkan suatu Negara akan berjalan dengan lambat, bahkan mungkin akan jalan di tempat.


William J. Redden adalah seorang professor dan konsultan Canada, dia membagi dua gaya kepemimpinan. Masing-masing adalah :

1. Gaya-gaya Efektif :

1) Eksekutif

2) Pembangun

3) Otokrat penuh kebajikan

4) Birokrat

2. Gaya-gaya tidak efektif :

1) Kompromis

2) Misioner

3) Otokrat

4) Pelarian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar