just picture

just picture

Minggu, 24 Oktober 2010

Tugas 2

Nama : Indah Puspitasari
Kelas : 2KA21
NPM : 12109067

Soal

1. Jelaskan ruang lingkup ORMET!
2. Megapa uang bisa dijadikan sebagai motivasi dalam bekerja?
3. Apa sebab timbulnya organisasi informal?
4. Apa yang dimaksud dengan ‘Jendela Johari’?

Jawab

1. Ruang lingkup ORMET :
a. Analisis Organisasi (Organizational Analysis)
b. Komunikasi dalam organisasi (Communication in Organization)
c. Tata kerja, Tata aliran, dan sistem (Work methods, procedur & System)
d. Pendayagunaan mesin kantor (Office mechine)
e. Pentingnya tata ruang kantor & penyusunan perencanaan (Office layout and space planning)
f. Kesimpulan akhir (Final Conclusion)

2. Uang bisa dijadikan sebagai motivasi dalam bekerja karena setiap manusia di dunia ini membutuhkan uang, bayi yang baru lahir pun membutuhkan uang agar dia bisa mendapat pelayanan dari rumah sakit tempat dia dilahirkan. Untuk memenuhi kebutuhan setiap orang membutuhkan uang, karena itu mereka harus bekerja dengan giat untuk mendapatkan uang agar kebutuhan hidupnya dapat terpenuhi.

3. Sebab timbulnya organisasi informal :
a. Pada dasarnya individu memiliki kebutuhan untuk mendapatkan kepuasan dalam berinteraksi dengan orang-orang di lingkungannya.
b. Jika dalam organisasi formal kebutuhan tersebut kurang dapat dipenuhi, maka ia akan mencari sumber lain untuk memenuhi kebutuhannya. Itulah organisasi informal.
c. Munculnya biasanya dikarenakan adanya sekelompok orang yang memiliki kebutuhan yang sama.
Kebutuhan-kebutuhan yang mendasari terbentuknya organisasi informal :
a) Kebutuhan social.
b) Pengetahuan tentang perilaku yang dapat diterima.
c) Perhatian/simpati.
d) Bantuan dalam pencapaian tujuan.
e) Kesempatan berpengaruh dan berkreasi.
f) Pelestarian nilai-nilai budaya.
g) Komunikasi dan informasi.

4. Jendela Johari adalah model yang diciptakan tahun 1955, Jendela Johari terdiri dari sebuah persegi yang terbagi menjadi empat kuadran, yaitu Open, Blind, Hidden, dan Unknown. Uraiannya dijelaskan di bawah ini:



Kuadran 1 (Open) merujuk kepada perilaku, perasaan, dan motivasi yang diketahui oleh diri kita sendiri dan orang lain. Misalnya, mereka tahu nama saya, rumah saya, kakak saya, dan lainnya.

Kuadran 2 (Blind) merujuk kepada perilaku, perasaan, dan motivasi yang diketahui oleh orang lain, tetapi tidak diketahui oleh diri kita sendiri. Misalnya, orang lain tahu kalau kita egois, tapi diri kita sendiri tidak tahu kalau kita egois.

Kuadran 3 (Hidden) merujuk kepada perilaku, perasaan, dan motivasi yang diketahui oleh diri kita sendiri, tetapi tidak diketahui oleh orang lain. Misalnya, saya adalah pecandu narkoba, saya tidak mau orang lain tahu karena mereka akan mencibir kelakuan saya.

Kuadran 4 (Unknown) merujuk kepada perilaku, perasaan, dan motivasi yang tidak diketahui, baik oleh diri kita sendiri ataupun oleh orang lain. Misalnya baik saya dan orang lain tidak tahu penyebab gangguan obsesif kompulsif cuci tangan yang saya alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar