just picture

just picture

Senin, 06 Desember 2010

Penyalahgunaan Data

Penyalahgunaan data itu menurut saya adalah suatu hal yang sangat sangat berbahaya. Gimana engga? Suatu data atau mungkin data-data tentang diri kita disalahgunakan oleh orang lain (orang yang tidak bertanggungjawab) untuk melakukan suatu perbuatan yang tidak pernah kita lakukan atau melakukan suatu tindak kejahatan.

Penyalahgunaan data adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang di mana orang atau kelompok tersebut mengubah atau menyalahgunakan data yang sudah ada menjadi berbeda atau mengada ada. Dan data itu sendiri adalah sesuatu hal yang belum diolah. Penyalahgunaan data dapat terjadi di mana saja. Di situs internet (situs jejaring sosial), di kantor, di kampus, dan lain-lain.

Penyalahgunaan data memiliki banyak kasus, bisa saja data yang sangat rahasia itu dicuri (phising), di-copy, diganti, atau bahkan data tersebut dihapus sampai tidak ada sisa. Contoh penyalahgunaan data misal nya di situs jejaring social di internet. Orang bisa saja mengkudeta (mengambil alih) account kita tanpa kita duga-duga sebelum nya.

Itu bisa terjadi apa bila orang lain (yang berniat menyalahgunakan data kita) mengetahui username dan password account kita, atau saat membuka account di warnet kita lupa me-log out account kita, atau bahkan mungkin account kita di-hack oleh sesorang lalu data kita disalahgunakan. Bila account kita sudah dimiliki orang lain, mereka dapat bebas untuk mengganti atau menghapus data yang ada di account tersebut. Mereka dapat melakukan tindak kejahatan yang padahal tidak pernah kita lakukan.

Contoh umum nya saat ini adalah orang yang menyalahgunakan data kita itu meminta atau meminjam sejumlah uang (biasa nya dalam jumlah yang tidak sedikit) kepada orang kita kenal (orang yang terdapat di dalam account kita, biasa nya diberi nama ‘friends’) lalu dikirim ke suatu rekening bank. Contoh yang lebih sedikit nominal nya adalah orang yang menyalahgunakan data kita itu meminta orang yang kita kenal (orang yang terdapat di dalam account kita, biasa nya diberi nama ‘friends’) untuk mengirimkan pulsa ke suatu nomor hand phone. Tentu saja secara tidak langsung itu akan merugikan diri kita juga.

Makanya kita perlu hati-hati dan teliti dalam memiliki dan menggunakan suatu account situs jejaring social di dunia maya. Akibat yang ditimbulkan dari penyalahgunaan data ada banyak di antaranya adalah berbagai tindakan seperti yang dilakukan hacker-hacker untuk membobol ATM/BANK atau membobol situs pemerintah untuk mendapatkan dokumen-dokumen penting suatu Negara.

Tindakan penyalahgunaan data termasuk pelanggaran hukum dan ada sanksi-sanksi yang akan diberikan bila kita melakukannya. Contoh lain misal nya di dalam suatu perusahaan. Data-data di dalam perusahaan disalahgunakan oleh orang lain (bisa orang dalam dan bisa orang luar) untuk kepentingan diri nya sendiri. Tujuan dari penyalahgunaan data di dalam perusahaan ini macam-macam.

Misal nya ;

1. Ada seorang atasan atau bawahan yang menyalahgunakan data perusahaan untuk mendapatkan uang agar kepentingan nya sendiri terpenuhi.

2. Ada seseorang yang dendam kepada bos perusahaan A, lalu dia menggunakan data perusahaan tersebut untuk disalahgunakan, yang tujuan nya untuk menjatuhkan perusahaan A.

Inti nya dalam menghindari yang nama nya penyalahgunaan data, kita harus hati-hati dan teliti dalam mencamtumkan dan menyimpan data di mana saja. Untuk lebih aman, atur atau saring siapa saja yang dapat mengakses data tersebut. Bila kita sembrono dalam menaruh dan menyimpan data, maka mungkin saja penyalahgunaan data dapat terjadi kapan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar