just picture

just picture

Minggu, 05 Desember 2010

Miss Communication

Sebelum nya apa sih communication (komunikasi) itu? Yang saya dapat dari searching di google, ada yang mengatakan komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Komunikasi dilakukan dengan suatu bahasa yang dimengerti oleh kita dan juga orang lain yang sedang berkomunikasi dengan kita.

Setiap makhluk hidup di dunia ini pasti berkomunikasi, entah itu berkomunikasi dengan makhluk yang ada di sekitar nya atau berkomunikasi kepada Sang Pencipta nya. Seorang bayi yang belum bisa berbicara juga dapat berkomunikasi, dia akan menangis bila bayi itu merasakan sesuatu yang terjadi pada diri nya, merasakan sakit, merasa ingin buang air besar atau kecil, merasa keberisikan oleh orang-orang yang ada di sekitar nya, dan lain-lain. Dan orang-orang yang tunarungu dan tunawicara juga dapat berkomunikasi, untuk orang-orang yang tunarungu biasa nya mereka menggunakan alat bantu dengar agar dapat mendengar apa yang orang lain komunikasikan, dan untuk orang-orang yang tunawicara biasa nya mereka menggunakan bahasa isyarat.

Komunikasi tersebut harus lah mudah dimengerti oleh kita dan orang lain. Tidak dapat dipungkiri komunikasi memang sangat penting, bila terjadi kesalahan dalam berkomunikasi tentu nya akan menjadi hal yang buruk, atau bahkan akan berakibat permusuhan, pertengkaran, dan berakibat fatal (miss communication).

Apa sih miss communication? Apa kah dia berupa wanita cantik seperti hal nya Miss Indonesia, Miss Universe atau Miss World? Tentu bukan.

Miss communication adalah kesalahan dalam berkomunikasi, atau gagal berkomunikasai yang disebabkan oleh kekeliruan pemahaman sehingga menimbulkan perbedaan persepsi. Dapat dibayangkan akibat yang ditimbulkan dari miss communication. Akibat yang ditimbulkan misal nya dua orang sahabat yang sangat dekat tiba-tiba menjauh dan saling bermusuhan karena kesalahan komunikasi, sepasang suami istri yang ribut atau bertengkar atau bahkan sampai terjadi perceraian karena ada nya kesalahan komunikasi, seorang bawahan yang tidak mengerjakan tugas nya dengan baik yang berakibat dia ditegur atau dimarahi atau bahkan mungkin dipecat karena ada nya kesalahan komunikasi, dan lain-lain.

Miss communication harus dan sangat sangat harus kita hindari. Jangan sampai kita bertemu dengan miss communication. Maka dari itu untuk menghindari datang nya miss communication kita harus berkomunikasi dengan baik. Lebih baik lagi jika kita memikirkan terlebih dahulu apa yang harus dikomunikasikan, bagaimana membuat komunikasi itu menjadi padat, berisi dan mudah dimengerti oleh siapa saja.

Sesuatu informasi yang kita dapat dari hasil berkomunikasi dengan orang lain (entah itu berkomunikasi dengan teman sebaya, orang tua, guru atau atasan kita) sebaik nya kita cermati baik-baik, cermati setiap kata demi kata agar makna dari informasi tersebut dapat kita terima dengan baik dan benar. Bila ada yang kurang mengerti, sebaik nya ditanya kan kepada orang yang sedang berkomunikasi dengan kita tersebut (orang yang memberikan informasi) agar tidak terjadi kesalahan atau kekeliruan dari makna informasi yang kita terima.

Terjadi nya miss communication biasa nya karena orang lain salah mengartikan makna dari informasi yang kita berikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar