just picture

just picture

Minggu, 24 Oktober 2010

Tugas 3

Nama : Indah Puspitasari
Kelas : 2KA21
NPM : 12109067


Soal :

1. Sebutkan gaya kepemimpinan yang saudara ketahui!
2. Sebutkan manfaat dari organisasi informal!
3. Sebutkan beberapa jenis bagan struktur organisasi!
4. Jelaskan perbedaan dari Tata Kerja, Sistem Kerja dan Prosedur Kerja!

Jawab :

1. Empat tipe gaya perilaku pemimpin menurut teori Path-Goal :

A. Kepemimpinan Direktif
B. Kepemimpinan Suportif
C. Kepemimpinan Partisipatif
D. Kepemimpinan Orenteasi prestasi

Secara umum ada 3 macam gaya kepemimpinan yang berbeda :

A. Otokrasi,mempunyai ciri-ciri :

A) Kebijjaksanaan dilakukan oleh pemimpin.
B) Teknik dan langkah didikte oleh atasan.
C) Pemimpin biasanya mendikte tugas setiap anggotanya.
D) Pemimpin cenderung menjadi pribadi dalam pujian dan kecamannya terhadap setiap anggota.

B. Demokratis, mempunyai ciri-ciri :

A) Semua kebijaksanaan terjadi pada kelompok diskusi dan keputusan diambil dengan dorongan dan bantuan dari pimpinan.
B) Kegiatan-kegiatan didiskusikan langkah-langkah umum untuk tujuan kelompok dibuat, dan bila dibutuhkan untuk petunjuk-petunjuk teknis pemimpin mengarahkan dua atau alternative prosedur yang dapat dipilih.
C) Para anggota bebas bekerja dengan siapa saja yang mereka pilih dan pembagian tugas ditentukan oleh kelompok.
D) Pemimpin adalah obyektif atau “fact minded”.

C. Laissez Faire, mempunyai ciri-ciri :

A) Kebebasan penuh bagi keputusan kelompok atau individu dengan partisipasi minimal dari pimpinan.
B) Bahan-bahan yang bermacam-macam disediakan oleh pimpinan yang membuat orang selalu siap bila dia akan memberikan informasi pada saat ditanya.
C) Sama sekali tidak ada partisipasi dari pimpinan dalam penentuan tugas.
D) Kadang-kadang memberi komentar spontan terhadap kegiatan anggota.

2. Manfaat dari organisasi informal adalah :

A. Sebagai pendukung tujuan organisasi.
B. Sebagai alat komunikasi tambahan.
C. Sebagai alat pemuas kebutuhan social.
D. Dapat membantu manajer yang kurang mampu.

3. Jenis bagan struktur organisasi :

A. Segitiga Vertikal
B. Segitiga Horosontal
C. Kerucut Vertikal Horisontal
D. Lingkaran
E. Setengah lingkaran
F. Oval

4. Perbedaan dari Tata Kerja, Sistem Kerja dan Prosedur Kerja :

Tata kerja merupakan cara pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau bisa mencapai tingkat efisien yang maksimal.
Sistem kerja merupakan susunan antara tata kerja dengan prosedur yang menjadi satu sehingga membentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
Prosedur kerja merupakan tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu pekerjaan baik mengenai dari mana asalnya dan mau menuju mana, kapan pekerjaan tersebut harus diselesaikan maupun alat apa yang harus digunakan agar pekerjaan tersebut dapat diselesaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar